Nonaka and Takeuchi Knowledge Management Model

Nonaka and Takeuchi Knowledge Management Model - Hallo sahabat Accurate Online, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Nonaka and Takeuchi Knowledge Management Model, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel km, Artikel knowledge, Artikel knowledge management, Artikel manajemen pengetahuan, Artikel pengetahuan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Nonaka and Takeuchi Knowledge Management Model
link : Nonaka and Takeuchi Knowledge Management Model

Baca juga


Nonaka and Takeuchi Knowledge Management Model

Selamat Siang Blogger ..
Kali ini saya akan membahas beberapa Knowledge Management Model  atau model manajemen pengetahuan, baiklah langsung saja ..

Nonaka & Takeuchi knowledge management cycle

Langkah 1: Socialization (tacit-to-tacit)
Banyak pengetahuan, mungkin 80%, terletak di otak orang-orang. Tujuan untuk pekerja pengetahuan adalah untuk menemukan cara-cara untuk mengumpulkan ini pengetahuan tacit. Sosialisasi terdiri dari berbagi pengetahuan melalui interaksi sosial.
Orang memang terus tahu-hows, rahasia, keterampilan pribadi yang tidak akan pernah bekerja bersama jika tidak ada di atasnya. Hal ini sangat penting untuk mencoba untuk mengumpulkan pengetahuan ini dengan melakukan sosialisasi, yaitu, dengan menggunakan komunikasi tatap muka atau lebih baik, berbagi pengalaman langsung bekerja melalui 2 peran: tutor dan magang tersebut. Ini melibatkan sampai pada saling pengertian melalui berbagi cara models.That mental, akan ada risiko kecil bahwa know-how perusahaan Anda daun pada saat yang sama pensiun karyawan.
Sosialisasi merupakan sarana yang sangat efektif penciptaan pengetahuan, mungkin salah satu yang termudah tapi nethertheless lebih terbatas. Hal ini juga sangat sulit dan memakan waktu untuk menyebarkan pengetahuan semua menggunakan model ini saja.

Berbagi dan Belajar: Hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh Lembaga Manajemen Pengetahuan IBM untuk menemukan bahwa bahkan di sebuah perusahaan dengan infrastruktur yang dikembangkan dengan baik teknologi manajemen pengetahuan, orang masih giliran pertama untuk orang lain karena mereka mencari solusi untuk masalah dan pengetahuan .13 Mencatat yang tahu apa dalam sebuah organisasi, terutama yang besar dan geografis yang seperti CF, tetap tantangan. jaringan sosial memungkinkan orang untuk saling bertukar informasi, dan masih salah satu cara yang paling populer untuk menemukan Nokia.14 Technologies untuk mendukung berbagi pengetahuan dan belajar termasuk: portal, kolaborasi web, teknologi cerdas, e-learning dan intelijen kolaboratif.
Buat: Jelaslah bahwa penciptaan pengetahuan per se adalah suatu proses kompleks yang melibatkan proses sosial dan kognitif. Hal ini terutama didorong dengan menciptakan lingkungan dimana struktur, alat dan hubungan yang dibuat tersedia untuk pencipta pengetahuan bagi mereka untuk membuat diam-diam-diam-diam, pertukaran tacit-eksplisit, eksplisit-eksplisit, dan tegas-diam-diam. Bila konversi telah terjadi, apakah itu menangkap implisit atau dikodifikasi, siklus kembali ke awal dan itu adalah pada titik ini bahwa alat-alat teknologi dapat digunakan.

Langkah 2: Externalization (tacit-to-explicit)
Proses eksternalisasi (tacit-ke-eksplisit) memberikan bentuk yang terlihat untuk pengetahuan tacit dan mengkonversi ke pengetahuan eksplisit. Hal ini dapat didefinisikan sebagai “sebuah proses penciptaan pengetahuan klasik dalam pengetahuan tacit menjadi eksplisit, mengambil bentuk metafora, analogi, konsep, hipotesis, atau model” (Nonaka dan Takeuchi, 1995). Dalam mode ini, individu mampu mengartikulasikan pengetahuan dan know-how dan, dalam beberapa kasus, tahu-mengapa dan perawatan-mengapa.
Sebuah perantara sering dibutuhkan untuk melaksanakan proses ini. Sebagai contoh, kita bisa mempertimbangkan wartawan yang khas adalah orang mampu wawancara perorangan yang memiliki pengetahuan untuk mengekstrak, model, dan mensintesis dengan cara yang berbeda (format, panjang, …) dan dengan demikian meningkatkan ruang lingkup (audiens yang lebih besar dapat memahami dan menerapkan konten ini sekarang).

Capture dan Akuisisi: Dorongan untuk menangkap bentuk eksplisit dan pengetahuan diam-diam telah mengakibatkan dalam penciptaan alat-alat teknologi untuk membuat repositori informasi dan untuk dokumen dan manajemen konten. Tantangan utama dalam menangkap dan akuisisi pengetahuan adalah untuk mengintegrasikan informasi yang dikumpulkan dari sejumlah besar ‘silo’ heterogen, terdistribusi dan berbeda.

Mengatur: Pembentukan sistem KM membutuhkan struktur untuk mengatur konten setelah mereka tertangkap. Sistem ini harus dimulai dengan model pengetahuan atau meta-model. Model komponen mencerminkan pengetahuan dan arus yang secara inheren tertanam dalam budaya organisasi tertentu dan proses. Mereka menyediakan kerangka kerja, struktur dan konteks dasar pengetahuan dengan menambahkan untuk kekacauan data, informasi dan pengetahuan. Mereka juga menyediakan struktur konseptual untuk desain sistem KM dan alat. pemodelan tersebut dicapai melalui penciptaan taksonomi, ontologi, jaringan semantik, daftar kata, kamus, hirarki, tesaurus peta topik, dan metadata.

Langkah 3: Combination (explicit-to-explicit)

Kombinasi adalah proses mengkombinasikan potongan diskrit pengetahuan eksplisit menjadi bentuk baru.
Tidak ada pengetahuan baru diciptakan pada langkah ini. Hal ini lebih untuk memperbaiki apa yang telah kita berkumpul sejauh ini, untuk membuat sintesis atau laporan review, analisa singkat atau database baru. Isi pada dasarnya telah diselenggarakan secara logis untuk mendapatkan arti yang lebih, konsolidasi.

Akses, Cari dan Menyebarluaskan: akses pencarian, Efektif dan penyebaran yang sangat tergantung pada organisasi pengetahuan, baik dalam sistem teknologi atau tradisional. Dalam solusi teknologi, mesin pencari adalah aplikasi umum untuk proses ini. Kebanyakan didasarkan pada pengindeksan teks lengkap dengan menggunakan metode statistik (misalnya, menghitung terjadinya dan lokasi kata) dan aturan linguistik. Alternatif untuk pengindeksan teks pendekatan semantik, sistem bahasa alam dan pola-pengenalan teknologi yang menggunakan fungsi semantik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi mengambil konten yang relevan.

Langkah 4: Internalization (explicit-to-tacit)
Proses konversi terakhir, internalisasi, terjadi melalui menyebarkan dan embedding baru saja diakuisisi dan konsolidasi pengetahuan. Dalam beberapa cara, internalisasi sangat terkait dengan “learning by doing”.
Internalisasi mengkonversi atau terintegrasi bersama dan / atau individu pengalaman dan pengetahuan dalam model mental individu. Setelah internalisasi, pengetahuan baru ini kemudian digunakan oleh karyawan yang memperluas itu, memperluas, dan membingkai ulang dalam waktu pengetahuan diam-diam mereka sendiri yang ada.

Gunakan dan Temukan: Potensi untuk mengekstrak atau berbagi informasi dalam repositori adalah salah satu peluang teknologi KM. ‘Penemuan Pengetahuan’ mengacu pada eliciting pengetahuan dari data besar dan set informasi dengan mengidentifikasi pola-pola baru dan koneksi. Dalam pengaturan militer ada minat dalam menerapkan teknologi terhadap manajemen pengetahuan rasa keputusan, analisis ancaman dan pengambilan keputusan. Aplikasi meliputi visualisasi, data mining dan agen perangkat lunak.


Demikianlah Artikel Nonaka and Takeuchi Knowledge Management Model

Sekianlah artikel Nonaka and Takeuchi Knowledge Management Model kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Nonaka and Takeuchi Knowledge Management Model dengan alamat link https://accurateonlines.blogspot.com/2014/03/nonaka-and-takeuchi-knowledge.html

0 Response to "Nonaka and Takeuchi Knowledge Management Model"

Posting Komentar